Rabu, 29 Desember 2010

PKK Mitra Pemerintah Dalam Membangun Kalbar



Rakon PKK se-Kalbar

Sebagai pembekalan bagi pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) kabupaten/kota se- Kalimantan Barat, TP-PKK Provinsi Kalbar, Sabtu (16/1) menggelar rapat konsultasi dalam rangka meningkatkan koordinasi sebagai upaya pemantapan pelaksanaan gerakan PKK di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Rapat konsultasi yang dipimpin Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis ini dihadiri seluruh pengurus TP-PKK kabupaten/kota se-Kalbar serta kepala-kepala dinas Provinsi Kalbar.
Rapat konsultasi ini juga bertujuan membekali pengurus PKK dalam melaksanakan 10 program PKK. “Salah satu dasar diselenggarakannya rapat konsultasi PKK ini adalah untuk menyampaikan hasi kesepakatan rapat koordinasi PKK se-Indonesia yang dilaksanakan kemarin tanggal 6 sampai 8 Oktober 2009 di Jakarta,” ujar Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis.
Ia berharap dengan rakon ini peserta atau pengurus TP-PKK baik dari kabupaten maupun kota yang ada di Kalbar dapat menerimanya dengan baik sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya. “Karena kita berpikir kalau bukan kita-kita ini mengurus Kalbar, siapa lagi. Makanya kami sangat berkepentingan, kita bisa langsung mendengar dari kepala-kepala dinas yang ada kaitannya atau hubungannya dengan PKK. Kerja sama apa sih yang dilakukan PKK dengan masing-masing dinas,” ungkapnya.
Menurut Frederika, PKK adalah mitra pemerintah untuk membangun Kalbar. Tujuannya satu yakni untuk mensejahterahkan keluarga. “Jadi semua kegiatan ini yang menyentuh langsung dengan masyarakat. Jangan kita buat kegiatan yang tidak ada manfaatnya dengan masyarakat. Nah, inilah dari bapak-bapak ini sudah memprogramkan kegiatannya, kita tinggal melaksanakannya bermitra dengan dinas-dinas,” jelas Frederika.
Jadi rapat konsultasi ini, kata Frederika, merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja PKK, khususnya dalam ketahanan pangan keluarga, penguatan kelembagaan dari pelaksanaan SIM PKK. “Nah, SIM PKK ini mungkin ibu-ibu baru mendengar. SIM ini adalah Sistem Informasi Manajemen dengan menggunakan alat yang canggih. Kalbar merupakan salah satu dari 10 provinsi yang mendapat jatah SIM PKK,” terangnya.
Ia memaparkan SIM PKK ini tidak mudah karena menggunakan alat elektronik yang canggih sehingga dibutuhkan tenaga yang mempunyai kemampuan untuk menggunakan alat ini. Disamping itu, dana yang dibutuhkan untuk alat ini juga tidak sedikit sehingga perlu kerja sama dengan dinas atau instansi terkait. “Untuk uji coba SIM PKK di Kalbar ini yakni Kota Singkawang dan Kabupaten Sanggau,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu juga diserahkan beberapa trophy kepada juara lomba-lomba yang digelar oleh PKK. Salah satu penerima trophy tersebut adalah Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji. (12)
www.pontianakkota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...