Selasa, 03 Januari 2012

Hijaukan Kota Singkawang, TP-PKK Gandeng Semua Elemen


Posted on 23:56 by Mordiadi
Ny Emma Hasan Karman (topi putih)
SINGKAWANG. Untuk menghijaukan Kota Singkawang, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Singkawang merangkul masyarakat, instansi horizontal dan vertikal, BNI46, PT Askes, PT Fajar Group, SSA, Yayasan Budha Tzu Chi, BPKS Dwi Tunggal dan lainnya.

"Yang mempunyai pohon, dana, maupun pupuk, menyumbang untuk kegiatan ini," kata Ny Elizabeth Majuyeety (Emma) Hasan Karman, Ketua TP-PKK Kota Singkawang kepada wartawan, Minggu (1/10).

Ny Emma Hasan Karman mengatakan, ini merupakan niat dari TP-PKK untuk menghijaukan Kota Singkawang, sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam mengatasi pemanasan dunia (global warming). "Niat ini disambut baik semua pihak dengan menyumbang pohon untuk ditanam," ungkapnya.

Setelah beberapa waktu yang lalu menanam 100 pohon di Jalan Amrat Singkawang Barat, 1.020 pohon di Singkawang Selatan yang sempat dihadiri Wakil Menteri Perdagangan RI Mahendra Siregar, 400 pohon di Kelurahan Semelagi Singkawang Utara. Pada Jumat (29/4) pagi, 1.400 pohon ditanam di sepanjang bahu jalan perbatasan antara Singkawang Timur dengan Kabupaten Bengkayang.

Emma mengatakan, TP-PKK Kota Singkawang berkomutmen akan terus menanam pohon di tahun ini. Olehkarenanya, semua pihak dan elemen masyarakat diharapkan berpartisipasi.

"Untuk perawatannya, PKK dengan seluruh kadernya di kecamatan dan kelurahan, bersama Yasasan Budha Tzu Chi nantinya akan melakukan pemupukan setiap tiga bulan sekali, yang juga dibantu relawan Tzu Chi, Petugas Kebersihan dan BPKS," ungkap Emma.

Melalui penanaman pohon atau penghijauan Kota Singkawang ini, Emma mengharapkan, akan tumbuh rasa cinta terhadap tanaman dalam diri masyarakat. Sehingga penghijauan dan perawatan terlaksana dengan baik.

"Kota pun menjadi hijau dan ekosistem dapat kembali normal akibat pemanasan global, dan yang terpenting adalah semangat kegotongroyongan yang menjadi dasar jiwa bangsa Indonesia, tumbuh pada masyarakat Kota Singkawang," kata Emma.

Dalam kegiatan tersebut, ikut pula Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Libertus, Wakil Pimpinan BNI 46 Wilayah Banjarmasin M Amrullah, Wakapolres Singkawang Kompol Hery Susanto, para kepala SKPD Singkawang dan para anggota Batalyon 641.

Sebelum menamam pohon, semua elemen masyarakat itu senam sehat di halaman SMAN 7 Singkawang Timur yang juga diikuti siswa-siswi dari SMA Negeri 7, SD Negeri 1, SD Negeri 7, SD Negeri 10 Singkwang Timur.

Kegiatan yang juga didukung BPMPKB tersebut juga melakukan pemutaran film pada malam usai penanaman pohon. Film layar lebar tersebut terkait bahaya Narkoba, kenakalan remaja dan sosialiasi program Keluarga Berencana (KB). (*)
Sumber :  http://mordializm.blogspot.com/2011/05/hijaukan-kota-singkawang-tp-pkk-gandeng.html

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...