Selasa, 20 Januari 2015

Tingkatkan Kesejahteraan Melalui HATINYA PKK Jumat, 14/02/2014

http://www.kalbarprov.go.id/file/foto/berita/PKK%20SINGKAWANG_LELE.JPGSingkawang, 7/2/2014 (Media Center) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Hj. Agustina Abdul Muthalib di sela pembinaan pada masyarakat Desa Model di Sungai Bulan menyampaikan bahwa melalui HATINYA PKK peningkatkan kesejateraan dan taraf hidup masyarakat bisa diwujudkan, Jum’at (7/2).
Menurut Agustina HATINYA PKK atau Halaman Asri Tertib Indah dan Nyaman merupakan salah satu Program Kerja Tim Penggerak PKK di Pokja III. Sasaran program HATINYA PKK adalah menggali potensi dan membangun kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan halaman dan sekitar rumahnya seoptimal mungkin melalui budi daya tanam-tanaman (sayur, buah, bunga, bumbu, obat-obatan, tanaman keras seperti buah-buahan, dll) juga perikanan, peternakan, dsb.

“Dengan pemanfaatan halaman yang optimal, maka para ibu rumah tangga akan berhemat dalam membelanjakan keuangannya, karena semua kebutuhan rata-rata bisa diusahakan melalui pemanfaatan halaman pekarangan ini. Bahkan kalau hasilnya baik dan berlebih, bisa dijual sehingga bisa menambah income keluarga dan dengan demikian bisa meningkatkan taraf hidup dan kualitas kehidupan keluarga” terang Agus sambil menunjukkan setiap halaman masyarakat di Desa Model yang ditumbuhi dengan aneka sayuran dan peternakan serta perikanan.

Lebih lanjut Agustina mengutarakan bahwa sebagai pilot project, telah ditunjuk Kelurahan Sungai Bulan sebagai Desa Model oleh tim dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat yang didukung oleh berbagai SKPD di Provinsi Kalimantan Barat.

“Dengan ditunjuknya Sungai Bulan sebagai Desa Model, diharapkan kepercayaan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, agar ke depan bisa dijadikan percontohan bagi kelurahan yang lain. Atas nama Tim Penggerak PKK, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lurah Sungai Bulan dan seluruh masyarakat di Sungai Bulan atas kerja kerasnya sehingga program ini bias berjalan sebagaimana yang diharapkan” kata Agustina.

Agustina berharap seluruh SKPD bisa bekerjasama dan memberikan bantuan pada Desa Model melalui keterpaduan atau integrasi program dan kegiatan yang ada di setiap SKPD.
“Program Desa Model diharapkan bisa berkelanjutan, selama ini SKPD-SKPD di Provinsi dan sebagian di Pemerintah Kota Singkawang sudah memberikan bantuan, diharapkan bantuan tersebut bisa dilanjutkan untuk Tahun Anggaran 2014 ini. Untuk hasil yang optimal ke depan kami akan meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak,” harap Agustina.

Di tempat yang sama Lurah Sungai Bulan, Dilhan, menyampaikan bahwa bantuan bibit, kolam dan pakan ikan bersumber dari bantuan DKP Provinsi Kalimantan Barat dan DKP Kota Singkawang, hanya saja yang sudah panen merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang.
“Kami atas nama masyarakat Sungai Bulan menyampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi, Kota dan Kecamatan juga Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Singkawang, yang telah memberikan bantuan kepada kami, sehingga melalui program Desa Model ini masyarakat kami selain bertambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan pemanfaatan lahan, budi daya tanam-tanaman, perikanan, ternak, dll juga Insya Allah akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sungai Bulan ini” kata Dilhan.

Lebih lanjut Dilhan menjelaskan bahwa dari bantuan berbagai bibit tanam-tanaman, ikan, pupuk, pakan, kipas angin, computer, dll masyarakat Desa Model di Sungai Bulan sudah memanen berbagai sayur-sayuran seperti kangkung, terong, lele, dll.

 http://www.kalbarprov.go.id/berita.php?id=4103

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...