Selasa, 20 Januari 2015

Kelurahan Sedau Wakili Singkawang Lomba PBHS, Kesling dan Toga Tingkat Kalbar



Singkawang, Media Center - RT 05, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan mendapat penilaian dari tim Provinsi Kaluimantan Barat dalam perlombaan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Tanaman Obat Keluarga (Toga), Senin (19/1). 

Ketua RT 05, Sukardi menyebutkan jika dirinya sudah lama beruapay menciptakan pola hidup bersih dan sehat. 

Tidak hanya, Sukardi juga berupaya menumbuhkan semangat gotong royong untuk membangun kesehatan lingkungan. 
"Apa yang ada sekarang tidak bim salambim. Tapi sudah lama saya lakukan. Tidak hanya karena perlombaan ini, tapi dari awal memang saya berusaha membuat lingkungan bersih di tempat tinggal kita," jelas dia. 
Pada dasarnya, kata dia, yang paling penting dalam pola seperti ini bukan untuk meraih juara. Namun lebih pada menciptakan kebersamaan dan kekeluargaan dari kegiatan ini.
"Makanya motto yang kita pasanga, lingkungan ku, saudara ku dan tetangga ku," kata dia. 

Kendati demikian, Sukardi tetap berharap apa yang diperjuangkannya bisa mendapatkan hasil yang terbaik. 
"Kita berharap semoga menang dalam perlombaan ini. Sehingga semangat kebersamaan yang hampir hilang dan luntur kembali tumbuh," jelas dia. 

Di tempat terpisah, Camat Singkawang Selatan, Elmin menyebutkan jika Pemkot sudah memiliki program. yang sama dengan kegiatan yang dilaksanakan, tim penggerak PKK di tingkat kecamatan. Di antaranya berkaitan dengan kesehatan lingkungan dan tanaman obat keluarga. 
"Sehingga ini sesuai dengan sasaran rencana kerja, salah satunya, menciptakan lingkungan yang bersih, mengaktifkan kembali semangat gotong royong dan hidup sehat," jelas dia. 

Berkat dukungan dan partisipasi masyarakat, kata dia, lingkungan di Kecamatan Singkawang Selatan bisa menorehkan berbagai prestasi. Di antaranya, juara II, Lomba Jambore Posyandu tingkat provinsi, Juara I Lomba Sekolah Sehat se-Kota Singkawang dan Juara I Lomba memasak menu ikan saat hari nusantara. 

Sedangkan untuk membina kehidupan bersih, kata dia, sudah disosialisasikan ke lingkungan masyarakat. Untuk mendukung itupun, lanjut dia, juga dilakukan penyediaan tong sampah di setiap RT. 
"Untuk memancingnya maka kita mengadakan lomba kebersihan antar RT dan kebetulan RT ini juara," tambah dia.

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...