Selasa, 05 Juli 2011

Lepaskan Tekukur di Hari Bumi

Kamis, 30 Juni 2011 19:59 WIB
Share |


Oleh: Hery Ristiawan
Staf Humas dan Protokol Pemkot Singkawang



Kota Singkawang memperingati hari air, hari bumi, dan hari lingkungan hidup dengan menggelar penanaman pohon jenis mahoni bersama dan melepaskan satwa jenis burung tekukur di Kelurahan Pajintan, Singkawang Timur, Kamis, (30/06/2011).

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Singkawang, Hasan Karman, Ketua TP PKK Kota Singkawang, Elisabeth Majuyetty, Plt Sekda Kota Singkawang, Libertus, Ketua PN Singkawang, Arief Waluyo, Kasdim 1202/Singkawang, Amansius, tokoh masyarakat, ormas, dan LSM.

Ada belasan burung tekukur yang dilepaskan secara bersama-sama oleh walikota dan pejabat-pejabat yang hadir. Burung-burung itu pun kemudian terbang bebas ke alam. Pelepasan burung ini merupakan simbol kepedulian kepada alam dan lingkungan hidup.

Gerakan "kampanye hijau" yang akhir-akhir ini dilakukan oleh Kota Singkawang merupakan satu upaya mengatasi pemanasan global. Menurut Hasan Karman, kualitas bumi yang semakin hari semakin berkurang akibat dari banyaknya pengerusakan, harus menjadi perhatian bersama.

Oleh sebab itu, Wali Kota Hasan Karman mengajak kepada semua pihak untuk menjaga dan peduli kepada lingkungan. "Menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah. Namun menjadi tanggungjawab kita bersama. Ini demi keberlangsungan alam yang akan kita tinggalkan ke anak cucu," katanya.

Pada kesempatan itu, Hasan Karman menyatakan keprihatinannya atas kondisi Sungai Singkawang dan Danau Serantangan. "Di tengah keterbatasan anggaran, mari kita sama-sama berbuat dan bergotong royong untuk menjaga sungai. Jangan membuang sampah di sungai, dan jangan mencemarinya," imbaunya.

Hasan Karman juga mengajak agar masyarakat tidak melakukan perburuan terhadap satwa liar. "Fenomena serangan ulat bulu beberapa waktu yang lalu, merupakan bukti tidak seimbangnya ekosistem pada rantai makanan," pesannya.

Penulis : M Arief Pramono
Editor : Marlen Sitinjak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...