Kamis, 14 Juli 2011

Restocking: Kegiatan Tebar Benih Ikan di Singkawang

Friday, 15 July 2011 09:09

Kegiatan penebaran benih ikan atau restocking ini merupakan program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat
SINGKAWANG - Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan (Restocking) dikelurahan Semelagi Kecil kecamatan Singkawang Utara, Kamis (14/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Singkawang, DR. Hasan Karman, SH,MM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Gatot Rudiono, Kepala Dinas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang, Arief Fahmi, A.Pi, Kepala SKPD pemerintah Kota Singkawang, Camat Singkawang Utara, Lurah Semelagi kecil, Kantor Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kota Singkawang, Tokoh Masyarakat, kader-kader PKK serta undangan lainnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diserahkan secara langsung secara simbolis oleh Menteri kelautan dan Perikanan bersamaan dengan kedatangan Bapak Presiden SBY ke Pontianak saat membuka acara Pameran Gelar Dagang dan Expo dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 39 yang dipusatkan di Kota Pontianak pada tanggal 31 Mei 2011.
Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Singkawang, Arif Fahmi mengatakan jumlah bantuan benih yang diberikan adalah sebanyak 50.000 ekor dimana sebanyak 27.000 ekor sudah ditaburkan di Danau Serantangan pada tanggal 30 Mei 2011.
"Sisanya sebanyak 23.000 ekor akan ditebar di perairan umum lainnya di Kota Singkawang termasuk 12.000 ekor untuk di perairan Kelurahan Semelagi Kecil ini,” kata Fahmi
Fahmi juga berharap kepada masyarakat supaya ikan yang ditebar baru boleh ditangkap apabila telah memiliki berat lebih dari satu kilogram“Jadi apabila ada ikan yang masih kecil tertangkap oleh masyarakat tolong dilepaskan kembali hingga mencapai berat lebih dari satu kilogram,” harap Fahmi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Gatot Rudiono mengatakan kegiatan penebaran benih ikan atau restocking ini merupakan program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat seta dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.
"Untuk kedepan akan lebih banyak lagi program bantuan dari pemerintah seperti program lele terpal dan lain sebagainya,”kata Gatot.

Hasan karman Dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan suatu perhatian yang besar pemerintah pusat kepada masyarakat.
"Kegiatan ini adalah untuk melakukan pemanfaatan secara maksimal perairan umum, seperti sungai-sungai dan danau di Kota Singkawang dengan tetap menjaga agar sumberdaya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak dan cucu kita dimasa mendatang,”kata Hasan.

Hasan Karman berharap masyarakat tidak melakukan penangkapan ikan dengan mengunakan tuba dan setrum, mengatur jenis dan ukuran alat tangkap agar tidak menangkap ikan yang masih dalam ukuran kecil dan tidak mengambil ikan yang sedang bertelur agar terjadi peremajaan secara alamiah yang berlangsung disetiap siklus hidup ikan tersebut.(c2/pr) Foto: ilustrasi


Read more: Restocking: Kegiatan Tebar Benih Ikan di Singkawang .wartapedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...