Selasa, 05 Juli 2011

TP.PKK Kota Singkawang Berikan Kiat Penanaman Pohon Pasukan Kuning


PDF Cetak E-mail
Singkawang, Sabtu 18 Juni 2011 (Media Center)


Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Ny. Elisabeth Majuyetty Hasan Karman memberikan kiat-kiat menanam pohon yang baik untuk penghijauan kepada petugas kebersihan atau yang akrab disapa pasukan kuning, di perkarangan rumah dinas Walikota, Jalan Gunung Poteng, jumat (17/6).
 
Elisabeth Majuyetty yang disapa Emma memberikan arahan dan langsung simulasi kepada Pasukan Kuning yang dibawa oleh Kepala UPT Kebersihan, Rustam.

Dia mengatakan tujuan diberikannya kiat ini adalah agar gerakan penghijauan yang dilakukan akan semakin baik, dan tidak sia-sia, dan memberikan informasi kepada pasukan kuning yang selama ini banyak membantu dalam proses gerakan penghijauan di lapangan, cara-cara penanaman yang baik.

Emma menjelaskan, untuk menanam diperlukan teknik khusus agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan sesuai dengan diharapkan.

Untuk menanam itu diperlukan persiapan, yaitu survey lapangan, hal ini dilakukan untuk melihat pohon yang akan ditanam, apakah sudah pada letak yang tepat. Menurutnya, tanaman yang akan ditanam, harus memiliki ketinggian kurang lebih 50 cm, hal ini dilakukan agar ketahanan akar saat perpindahan tidak riskan dan cepat beradaptasi dengan tanah yang baru.

Hal lain yang perlu diperhatikan, adalah Jarak tanam dan kelurusan jarak, sebelum menanam perlu dibuatkan lobang yang disesuaikan dengan akar dan diberi pupuk dasar. Untuk menanamnya menggunakan tanah olahan baru.

Pada saat menanam perlu melihat situasi batang pohon, jika bengkok atas lemah perlu diberi penyangga dari kayu yang lurus dan diikat dengan tali dengan tidak terlalu kencang, hal ini dilakukan agar batang tetap bisa tumbuh dan berkembang, perlakuan ini seolah-olah terapi pada tulang manusia.

Yang perlu diingat adalah, jangan lupa menyiram dan mengurusnya dengan kasih sayang, karena tanaman juga memiliki jiwa namun tidak memiliki roh, apabila mereka dirawat dengan baik, mereka akan memberi hasil dengan baik pula. Daun akan rimbun, batang yang kokoh, bahkan buah yang banyak.

Selain itu juga, apabila menginginkan pohon itu cepat besar, yang perlu dilakukan adalah memupuk dan memperhatikan daun. Untuk jenis plai, misalnya, daun-daun dibagian bawah tunas, yang menempel pada batang harus dibuang secara rutin, sampai ketinggian yang diinginkan.

Gerakan penghijauan yang dilakukan ini PKK bersama masyarakat Kota Singkawang, menurutnya bukan sekedar untuk meraih prestasi, namun membangkitkan semangat gotong-royong dan mengatasi pemanasan global dan memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar.(Her)/www.hubkominfo.singkawangkota.go.id
  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...