Senin, 25 Juli 2011

Tingkatkan Keterampilan Melalui Pelatihan Kelapa Terpadu














Singkawang, 25/7/2011 (Media Center) Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kelapa Terpadu, bertempat di Sekretariat PKK Kota Singkawang, Senin (25/7).
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Barat Ny. Frederika Kornelis, S.Pd. Dalam sambutannya Frederika menjelaskan bahwa “ kegiatan yang diselenggarakan ini dilakukan secara berkelanjutan dan terintegrasi dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan secara terpadu, dimana dari jenis jenis unggulan kita, kelapa dapat dikembangkan menjadi bermacam-macam bentuk olahan, baik dalam bentuk makanan, minuman maupun dalam rumah tangga dan aksesoris seperti kancing baju dsb.” Kata Frederika.
“Dengan pemberdayaan kader PKK dan petani dapat membangun system agribisnis di pedesaan, untuk itu peran kader khususnya pendamping PKK Kabupaten/Kota dan pendamping dari Dinas Instansi terkait sangat diperlukan. Penyuluh supaya benar-benar difungsikan untuk mempercepat kemajuan kader di pedesaan, pembinaan kelompok-kelompok dalam usaha bersama. Untuk mempercepat pembangunan di daerah kita perlu pengalaman-pengalaman dan saling tukar menukar keterampilan melalui pelatihan seperti yang diadakan saat ini”. Kata Frederika lebih lanjut.
Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Kalimantan Barat Ir.H.Hiarsolih Buchori, MM dalam sambutannya menjelaskan dengan meningkatkan potensi SDM dalam mengembangkan potensi komoditi perkebunan maka pihaknya bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengolahan kelapa terpadu. Peningkatan SDM mutlak diperlukan dalam rangka adopsi ilmu dan teknologi, seperti pemanfaatan komoditi kelapa menjadi berbagai olahan yang memiliki nilai jual yang lebih baik. “kelapa merupakan tanaman yang telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, sehingga kelapa disebut sebagai tanaman social. Seluruh bagian pohon kelapa memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan kita. Ketua panitia penyelenggara Ny. Meiske Anggrainy, S.Sos, M.Si menyampaikan masih perlunya pemberdayaan kader dalam memanfaatkan sumber daya local sub sector perkebunan sebagai tujuan pembangunan daerah provinsi Kalimantan Barat. “ sub sector memiliki peranan sebagai pemenuh kebutuhan untuk meningkatkan home industry dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan bertambahnya permintaan industry gula. Masih banyak peluang atau potensi lahan perkebunan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kebun-kebun kelapa yang sudah perlu diremajakan, sehingga bahan baku kelapa tetap tersedia. Dalam rangka pemberdayaan kader dan petani melalui pelatihan ini, mereka mampu mengolah sumberdaya yang tersedia secara terpadu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi local sehingga kader dan petani menjadi lebih terampil dan mampu mengembangkan usaha bersama dan diharapkan dengan pendampingan petugas dan kader Tim Penggerak PKK dapat terbentuk gabungan kelompok yang akan mendukung peningkatan pendapatan keluarga”. Lebih lanjut Meiske menjelaskan peserta pelatihan berjumlah 49 orang berasal dari 11 Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat . Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan peserta terdiri dari 3 orang utusan dari Kader Pokja III Kabupaten/Kota/Kecamatan, satu orang utusan dari pendamping TP.PKK Kabupaten/Kota dan satu orang utusan dari pendamping Dinas Perkebunan Kabupaten/Kota. Kegiatan dilaksanakan di Kota Singkawang dari tanggal 25 s.d 27 Juli 2011. Sumber dana kegiatan ini dari APBD Provinsi Kalimantan Barat. Peserta akan mendapatkan materi cara pembuatan handy carf, kancing baju, sendok dll. Cara membuat payet, upaya pemasaran produksi melalui Dekranasda, cara membangun mitra kerja melalui koperasi/UKM, teori pengambilan nira kelapa, praktek membuat beown sugar, standarisasi produksi home industry brown sugar, cara packing produk, cara memproduksi berbagai bahan baku local khususnya bahan kelapa. Untuk memotivasi peserta, nara sumber selain dari Ketua Tim Penggerak PKk Propinsi, Ketua Dekranasda Kota Singkawang, SKPD terkait juga didatangkan dari pelaku usaha sukses Kota Singkawangm juga Balai Besar dan Ketua Kelompok Tani Kelapa Yogyakarta”. Pungkas Meiske.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...