Senin, 18 Juli 2011

PKK Pupuk Pohon di Pasir Panjang

TP PKK Kota Singkawang melakukan pemeliharaan dan pemupukan pohon
Mordiadi
TP PKK Kota Singkawang melakukan pemeliharaan dan pemupukan pohon
Singkawang –  Setelah beberapa kali melakukan gerakan penanaman pohon, kini tiba waktunya Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Singkawang memeliharanya. Di antaranya dengan memberi pupuk pohon-pohon di sepanjang Jalan Pasir Panjang.
“Pemupukan ini baru yang pertama dilakukan sejak penanaman. Artinya kegiatan ini bagian dari Gerakan Perempuan Tanam, Tebar dan Pelihara Pohon,” kata Ketua TP PKK Kota Singkawang Elisabeth Majuyetty Hasan Karman, usai Gerakan Pemeliharaan Pohon di Jalan Pasir Panjang, Jumat (15/7) lalu.
Emma–sapaan akrab Elisabeth Majuyetty Hasan Karman–mengungkapkan, pohon dan pupuk tersebut merupakan sumbangan dari Yayasan Tzu Chi. “Kita sudah sepatutnya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yayasan, termasuk pihak-pihak lain yang membantu gerakan ini,” ucapnya.
Dia mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat, sekolah, kantor atau instansi di Kota Singkawang untuk bersama-sama menjaga lingkungan. “Caranya, manfaatkan lahan yang ada dengan menanam pohon dan memeliharanya penuh kasih sayang,” jelas Emma.
Menurut Emma, apabila dilakukan secara sungguh-sungguh gerakan menyelamatkan lingkungan akan bermanfaat bagi masyarakat, dari segi kesehatan maupun lain. “Supaya di Kota Singkawang tumbuh menjadi kota yang indah, bersih dan nyaman. Karena rasa nyaman membuat pikiran dan jiwa jadi sehat,” terangnya.
Emma kembali mengingatkan, untuk menanam pohon dan memeliharanya tentu membutuhkan strategi yang baik. “Sehingga pohon itu tumbuh dengan bagus,” katanya.
Di antaranya tambah dia, dengan memotong beberapa batang dan rantingnya. “Sehingga pohon tersebut bisa tumbuh menjulang ke atas dengan pesat. Setelah ketinggian mencapai sekitar 3 meter baru dibiarkan dahan di sampingnya tumbuh, sehingga nanti tumbuhnya cantik dan rapi,” jelas Emma. (dik)/ www.equator-news.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...