Selasa, 05 Juli 2011

PKK “Ajari” Petugas Kebersihan Menanam Pohon

pengarahan menanam pohon PKK Kota Singkawang
Mordiadi
Petugas kebersihan mengikuti pengarahan menanam pohon yang digelar PKK Kota Singkawang
Singkawang –  Petugas Kebersihan Kota Singkawang atau lebih dikenal dengan Pasukan Kuning mendapatkan pengarahan tentang kiat-kiat menanam pohon dengan baik, disertai simulasi dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Singkawang.
“Karena selama ini, Pasukan Kuning banyak membantu dalam proses gerakan penghijauan,” kata Ny Elisabeth Majuyetty Hasan Karman, Ketua TP-PKK Kota Singkawang ketika Simulasi Penanaman Pohon di Pekarangan Rumah Dinas Walikota Singkawang, kemarin (17/6).
Emma–sapaan akrab Elisabeth Majuyetty Hasan Karman–menjelaskan, Pasukan Kuning dinilai perlu mendapat kiat-kiat bagaimana menanam pohon dengan baik, agar proses penghijauan tidak sia-sia. “Menanam pohon memerlukan teknik khusus, agar yang ditanam dapat tumbuh dengan baik sesuai yang diharapkan,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, teknik tersebut di antaranya terlebih dahulu survei lapangan. Hal ini perlu dilakukan agar pohon yang akan ditanam sesuai dengan lokasinya. Bila lokasinya tidak tepat, niscaya pohon tidak akan tumbuh, kalaupun tumbuh tidak akan baik.
Selain itu, Emma juga menjelaskan, pohon yang akan ditanam harus mempunyai ketinggian sekitar 50 centimeter. “Agar ketahanan akar saat perpindahan tidak riskan dan cepat beradaptasi dengan tanah yang baru,” terangnya.
Selanjutnya, memerhatikan jarak tanam dan kelurusannya. Sehingga sebelum menanam perlu dibuatkan lubang yang sesuai dan diberi pupuk. “Untuk menanamnya juga harus menggunakan tanah olahan baru,” ingat Emma.
Ketika proses menanam kata Emma, perlu melihat situasi batang pohon. Jika bengkok atau lemah, perlu diberi penyangga dari kayu yang lurus dan diikat menggunakan tali, tetapi tidak terlalu kencang. “Sehingga batang tetap bisa tumbuh dan berkembang, perlakuan ini seolah-olah terapi pada tulang manusia,” jelasnya.
Dia juga mengingatkan para Petugas Kebersihan, untuk tidak lupa menyiram dan mengurus pohon yang telah ditanam dengan penuh kasih sayang. “Karena tanaman juga memiliki jiwa, namun tidak memiliki roh, apabila mereka dirawat dengan baik, mereka akan memberi hasil dengan baik pula. Daun akan rimbun, batang yang kokoh, bahkan buahnya pun akan banyak,” papar Emma.
Selain itu tambah Emma, apabila menginginkan pohon itu cepat besar, perlu pemupukan dan memerhatikan kondisi daun. “Untuk jenis plai misalnya, daun-daun di bagian bawah tunas, yang menempel pada batang harus dibuang secara rutin, sampai ketinggian yang diinginkan,” rincinya.
Selain memberikan penjelasan secara lisan, Emma yang didampingi Kepala UPT Kebersihan, Rustam juga memberikan simulasi menanam pohon dengan baik kepada para petugas kebersihan
Emma mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan gerakan penghijauan Kota Singkawang yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Gerakan penghijauan bukan sekadar untuk meraih prestasi, namun membangkitkan semangat gotong-royong dan mengatasi pemanasan global serta memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar,” ingatnya. (dik)
http://www.equator-news.com/lintas-utara/singkawang/pkk-%E2%80%9Cajari%E2%80%9D-petugas-kebersihan-menanam-pohon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...