Selasa, 05 Juli 2011

Solid, Resep Keberhasilan PKK Singkawang

mutadi

Kekompakan antarpengurus menjadikan Tim Penggerak PKK Kota Singkawang meraih berbagai prestasi tingkat lokal dan nasional. Resep lain, PKK menjaga kerja sama yang baik dengan satuan kerja yang berhubungan langsung dengan PKK.
“Tidak ada perbedaan mendasar dalam kepengurusan kami. Kami tetap menjalankan 10 program PKK tersebut,” kata Ketua TP PKK Singkawang, Elisabeth Majuyetty Hasan Karman, belum lama ini.
Ibu tiga anak ini mengakui memiliki team work (tim kerja) yang mantap yang menjadi salah satu kunci keberhasilan PKK Singkawang. Selama ini menurutnya, semua tim yang ada memperlihatkan dedikasi tinggi terhadap perkembangan organisasi ibu-ibu ini.
Namun diakuinya, satuan PKK tingkat kelurahan menjadi ujung tombak keberhasilan. Satuan tingkat kelurahan menurutnya, yang menjalankan langsung program PKK dengan langsung bersentuhan dengan masyarakat.
“Satu hal yang perlu saya ingatkan, pembentukan tim kerja yang solid dan bertanggung jawab akan memberikan dampak positif untuk perkembangan organisasi,” katanya.
Dia mengatakan, empat kelompok kerja dalam struktur PKK Singkawang bisa menjalankan roda organisasi sesuai peruntukannya. Program antarpokja saling berkesinambungan, secara tidak langsung memberikan dampak positif perkembangan organisasi.
Dia juga mengingatkan kader PKK tetap konsisten melaksanakan Gebyar Posyandu setiap tanggal 27. Program itu menurutnya, mampu meningkatkan kualitas pelayanan KB, kesehatan ibu, bayi, dan anak. Selain itu, timnya diminta terus meningkatkan penghijauan dan menggelorakan semangat wirausaha melalui program UP2K PKK.
“Kita siap memberdayakan keluarga di Singkawang dengan fokus pada pelayanan KB kesehatan, pelayanan pendidikan, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan ekonomi keluarga,” janjinya.
Dengan kerja sama baik itu, PKK Singkawang sejak tahun 2004 hingga 2009 selalu menjadi terbaik dalam Program KB Kes. Selain itu, PKK Singkawang mendapatkan kepercayaan mewakili Kalbar sebagai salah satu peserta kesehatan lingkungan tingkat nasional yang masih tahap penilaian.
Tim PKK Singkawang juga mencatatkan sejumlah prestasi yang patut dibanggakan. Di antaranya Juara I Lomba Masak Bahan Dasar Ikan tingkat Kalbar dan Juara Umum tingkat Nasional Lomba Masak Bahan Dasar Ikan.
Catatan prestasi juga tampak dari dua kali penghargaan peniti emas dari pemerintah kepada pengurus PKK Singkawang karena berhasil mempertahankan juara enam kali berturut-turut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...