Selasa, 05 Juli 2011

WVI-ADP Singkawang Gembleng 60 Kader Posyandu

Singkawang –  Wahana Vision Indonesia Area Development Project (WVI-ADP) Kota Singkawang menggembleng 60 kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di lima kecamatan se-Kota Singkawang. Pelatihan tersebut digelar selama tiga hari sejak Selasa (10/5) lalu.
“Pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para kader posyandu dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan di posyandu,” kata Supriadi Saman, Fasilisator WVI-ADP Singkawang ditemui usai Penutupan Pelatihan Kader Posyandu Gelombang IV 2011 di Sekretariat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Singkawang, kemarin (12/5).
Pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama WVI-ADP Singkawang dengan Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kota Singkawang. Diikuti 60 kader posyandu, terdiri atas 15 orang dari tiga posyandu di Kecamatan Singkawang Timur, 15 orang dari tiga posyandu di Kecamatan Singkawang Selatan, lima orang dari satu posyandu di Kecamatan Singkawang Barat, 15 orang dari tiga posyandu di Kecamatan Singkawang Utara dan 10 orang dari dua posyandu di Kecamatan Singkawang Tengah.
Supriadi menjelaskan, 60 kader posyandu Kota Singkawang tersebut mendapatkan pelatihan mengenai strategi nutrisi, kebijakan Kementerian Kesehatan RI, posyandu, pelayanan lima meja, pengisian dan analisis kartu menuju sehat (KMS) serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan reproduksi.
Kader posyandu juga mendapatkan pelatihan materi tentang Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak (UU PA), akta kelahiran, pentingnya pendidikan anak usia emas, pencatatan dan pelaporan, praktik stimulasi ibu hamil, strata ibu hamil dan kebun gizi. “Dari pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mempraktikkan materi yang telah disampaikan dan berkomitmen untuk melakukan perubahan di masing-masing posyandu,” kata Supriadi.
Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Kota Singkawang Ny Elisabet Majuyetty Hasan Karman menyambut baik program kerja sama dengan WVI ADP Kota Singkatan tersebut. “Atas nama TP-PKK khususnya kader posyandu yang notabene kader PKK, kami menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih karena memberikan pelatihan yang sangat berharga,” katanya.
Menurut Emma–sapaan akrab Ny Elisabet Majuyetty Hasan Karman–WVI ADP Singkawang sudah berkontribusi terhadap upaya pembangunan di Kota Singkawang, bukan hanya di bidang pendidikan, tetapi juga di bidang lainnya seperti kesehatan, sosial dan lainnya. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang demi tercapainya keluarga kecil yang sehat dan sejahtera,” harapnya. (dik)
http://www.equator-news.com/lintas-utara/singkawang/wvi-adp-singkawang-gembleng-60-kader-posyandu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singkawang Siap Jadi Tuan Rumah HKG Provinsi

Singkawang, (MC/15/1) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dengan duk...